MITRA EDUKASI DURI (MEDU)

Jumat, 29 Agustus 2014

Letusan gunung berapi terdahsyat di Indonesia



Indonesia dikelilingi gunung berapi aktif dan termasuk dalam lingkar gunung api pasifik. Saat ini, Indonesia memiliki 127 gunung aktif dan beberapa gunung di antaranya kini berstatus waspada dan siaga.
Dari gunung berapi aktif tersebut, beberapa gunung tercatat pernah meletus dengan dahsyat. Tidak hanya mengakibatkan korban jiwa dalam jumlah yang banyak, namun juga karena membawa dampak pada negara-negara di Eropa dan Afrika.
Berikut ini adalah  letusan dahsyat gunung berapi yang pernah terjadi di Indonesia.

Toba Supervolcano (Sumatra Utara)
9  letusan gunung berapi terdahsyat di Indonesia

Toba Supervolcano

Letusan gunung Toba Supervolcano merupakan letusan gunung berapi yang paling dahsyat yang pernah ada di dunia. Terjadi 73.000 tahun lalu, letusan gunung ini hampir memusnahkan seluruh umat manusia karena hanya sedikit yang selamat. Konon, letusannya tidak bisa dibandingkan dengan letusan Gunung Krakatau yang menyebabkan puluhan ribu korban jiwa pada 1883.
Saat letusan terjadi, manusia menghuni bumi bersamaan dengan homo sapiens di Eropa, serta homo erectus dan homo floresiensis di Asia. Toba dengan diameter 90 kilometer meletus dengan sangat dahsyat disusul gelombang besar tsunami.
Sekitar 2.800 kilometer kubik abu dimuntahkan, menyebar ke seluruh atmosfir bumi. Diperkirakan bencana tersebut telah mengurangi jumlah populasi manusia menjadi hanya sekitar 5.000 sampai 10.000 orang.
Saat ini Toba Supervolcano masih tertidur jauh di bawah laut dan kondisinya aman. Menurut vulkanologis Prof Ray Cas,  mungkin saja suatu saat Tiba Supervolcano kembali meletus. Namun jika hal itu terjadi, diperkirakan sekitar 10.000 atau bahkan 100.000 tahun lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar