MITRA EDUKASI DURI (MEDU)

Jumat, 29 Agustus 2014

Geografi



Ada banyak ilmu  mengenai definisi geografi menurut para ahli, baik yang berasal dari Indonesia maupun dari luar negeri. Berikut ini adalah beberapa definisi geografi yang di ambil dari berbagai sumber :

1. Bisri Mustofa (2007) – Indonesia

Geografi adalah ilmu yang menguraikan tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna serta basil-basil yang diperoleh dari bumi.

2. Herioso Setiyono (1996) – Indonesia

Geografi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya dan merujuk pada pola persebaran horisontal dipermukaan bumi.

3. Depdikbud (1989) – Indonesia

Geografi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, serta hasil yang diperoleh dari bumi.

4. Hasil seminar dan lokakarya di Semarang (1988) – Indonesia

Geografi merupakan ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan dan kelingkungan dalam konteks keruangan.

5. Prof. Bintarto (1981) – Indonesia

Geografi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi, baik yang bersifat fisik maupun yang menyangkut kehidupan makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, kelingkungan, dan regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan.

6. Richard Hartshorne
Geografi merupakan suatu disiplin ilmu yang menggambarkan dan menginterpretasikan karakteristik variabel – variabel dari suatu tempat ke tempat lain di permukaan bumi sebagai tempat hidup manusia.

7. James Fairgrive (1966)
Geografi memiliki nilai edukatif yang dapat mendidik manusia untuk berpikir kritis dan bertanggung jawab terhadap kemajuan-kemajuan dunia. Ia juga berpendapat bahwa peta sangat penting untuk menjawab pertanyaan “di mana” dari berbagai aspek dan gejala geografi.

8. Frank Debenham (1950)
Geografi adalah ilmu yang bertugas mengadakan penafsiran terhadap persebaran fakta, menemukan hubungan antara kehidupan manusia dengan lingkungan fisik, menjelaskan kekuatan interaksi antara manusia dan alam.



FENOMENA GEOGRAFIS

LATAR BELAKANG Fenomena dari bahasa Yunani; phainomenon, "apa yang terlihat", dalam bahasa Indonesia bisa berarti: gejala, misalkan gejala alam hal-hal yang dirasakan dengan panca indra hal-hal mistik atau klenik fakta, kenyataan, kejadian Kalimantan (toponim : Kalamantan/Calémantan/Kalémantan/Kelamantan/Kilamantan/Klamantan/Klémantan/ Klemantan /Quallamontan) adalah pulau terbesar ketiga di dunia yang terletak di sebelah utara Pulau Jawadan di sebelah barat Pulau Sulawesi. Pulau Kalimantan dibagi menjadi wilayah Brunei, Indonesia (dua per tiga) dan Malaysia(sepertiga). Pulau Kalimantan terkenal dengan julukan "PulauSeribu Sungai" karena banyaknya sungai yang mengalir di pulau ini.

Setiap daerah memiliki keistimewaan dan memiliki sesuatu hal atau fenomena-fenomena tersendiri dimana fenomena ersebut jarang bisa di jumpai di daerah lainnya. Untuk itu kali ini penulis tertarik untuk membahas segala fenomena yang terjadi di pulau kalimantan. Danau ubur-ubur Pulau Kakaban, Kalimantan Timur terdapat danau berair payau yang penuh ubur-ubur tak menyengat. Pulau Kakaban adalah salah satu dari total 31 pulau yang tergabung dalam Kepulauan Derawan. Secara administratif, Pulau Kakaban masuk dalam wilayah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Danau Kakaban sangat terkenal karena hanya ada dua didunia, yaitu Danau Kakaban di Kepulauan Derawan dan Jellyfish Lake di Palau, Micronesia di kawasan tenggara Laut Pasifik. Danau air payau ini memiliki ekosistem yang unik,karena dihuni oleh hewan dan tumbuhan endemik. Beberapa diantaranya adalah ubur-ubur yang kehilangan kemampuan menyengat, algae yang menjadi karpet di dasar danau,anemon yang berwarna putih. Ubur-ubur merupakan binatang sejenis ikan yang biasanya kita temukan di wilayah laut, namun pada danau kakaban,terdapat 4 macam ubur-ubur. Hal ini disebabkan karena air di danau tersebut merupakan air payau
Fenomena Geografi Yang Terjadi Di Wilayah Kalimantan Barat Gempa Langka Mengguncang Kalimantan Barat Kalimantan Barat gempar. Selasa pagi (23/8/2011) Kota Singkawang dan pesisir pantai Kabupaten Bengkayang pukul 08.26.48 WIB dilanda gempa berkekuatan 4,4 SR. Pusat gempa berada di darat, sekitar 132 km barat laut Pontianak.
Adapun kesimpulannya adalah Setiap daerah memiliki fenomena yang berbeda serta keistimewaan yang berbeda Fenomena geografi yang ada di kalimantan barat yaitu terjadinya gempa pada daerah yang tidak di lalui oleh 2 lempeng Fenomena geografi yang ada di kalimantan timur yaitu terdapatnya danau ubur-ubur yang bisa di katakan aneh karena biasanya ubur-ubur terdapat di lautan serta adanya danau dua rasa yaitu danau labuan cermin dimana pada danau tersebut terdapat 2 rasa air yang berbeda yaitu tawar dan asin. hal ini disebabkan oleh adanya aliran air laut di dasar sungai tersebut Fenomena geografi yang ada di Kalimantan Selatan adalah terbentuknya zona musim baru di Kalimantan Selatan
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar